Mengidentifikasi Peralatan TIK
TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) adalah ilmu yang mempelajari tentang cara
memperoleh pengetahuan berupa informasi melalui komunikasi dengan cara yang
lebih mudah.
Macam-macam Peralatan Telekomunikasi
a. Telegraf adalah alat yang
digunakan untuk mengirim sandi/kode melalui jaringan telepon.
b. Telephone adalah peralatan
komunikasi yang merubah suara menjadi sinyal listrik pada sisi pengirim,
kemudian sinyal listrik tersebut diubah menjadi suara pada sisi penerima.
Jenis-jenis Telepohone :
a. Fixphone (deskphone)
b. Phone Celluler (mobile
phone/handphone)
c. Fixphone Celluler
d. Faximile
e. Pager
f. Walkie-talkie
g. Internet Messenger
h. E-mail (surat elektronik)
i. Surat Pos
Peralatan Informasi Teknologi Informasi
a. Cash Register
b. Kalkulator
c. Komputer
d. Laptop/Notebook
e. Deskbook
f. Personal Digital Assistant (PDA)
g. Kamus Elektronik
h. Kamera Digital
i. Al-quran digital
j. Flash disk
k. Television
l. Radio
m. Koran
n. Majalah
Sejarah Perkembangan TIK
Peralatan Komunikasi zaman dahulu :
a. Papyrus : kertas yang dibuat dari daun tumbuhan papyrus
yang digunakan untuk menulis
b. Bereguh : Alat komunikasi yang terbuat dari tanduk
kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
c. Kulkul : Alat komunikasi yang berbentuk seperti
kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman
modern terbagi menjadi 2 :
a. Teknologi Informasi
contoh : komputer - mesin serbaguna yang
dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi
informasi
b. Teknologi Komunikasi
contoh :
# surat kabar : alat komunikasi satu arah
yang hanya dapat dibaca
# Radio - alat komunikasi satu arah yang
hanya dapat didengar
# Telepon - alat komunikasi dua arah, dapat
bergantian komunikasi
# Televisi - alat komunikasi satu arah yang
hanya dapat dilihat dan didengar
Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi :
1. Periode sebelum masehi
a. Periode sampai 3000 SM
Komunikasi dengan menggunakan gambar di dinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa yang digunakan adalah dengusan, isyarat dan gerakan tangan
b. Periode 3000 SM
-30000SM , bangsa sumeria menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa simbol-simbol (huruf piktograf
-2900SM , bangsa mesir kuno menggunakan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi
-500SM , bangsa mesir kuno menggunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis
-105SM , bangsa cina menggunakan kertas dari serat bambu
2. Periode setelah masehi
# 1837 , penemuan telegraf oleh Samuel
Finley Breese Morse
# 1874 , penemuan telepon oleh Alexander
Grahambell
# Radio , diciptakan oleh Joseph
Hendry & Michael Faraday
# 1883, penemuan televisi oleh Paul
Nipkow
# 1888, Kamera kodak dibaut oleh George
Eastman
Sejarah
Perkembangan Komputer :
a. Ditemukannya alat hitung abacus oleh bangsa romawi kuno
b. 1642, Blaine Pascal menemukan kalkulator "Pascaline" untuk operasi penjumlahan
c. 1670, Leibniz mengembangkan kalkulator otomatis pascal sehingga bisa melakukan operasi pembagian dan perkalian.
d. 1820, kalkulator mekanik "Arithometer" oleh Charles Xavier Thomas de comar yang mampu dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
e. 1822, penemuan mesin hitung "difference engine" oleh Charles Babbage yang merupakan cikal bakal komputer
e. 1888, Herman Hollerith menemukan sistem yaitu berlubang dan mesin tabulasi (punched card system)
a. Ditemukannya alat hitung abacus oleh bangsa romawi kuno
b. 1642, Blaine Pascal menemukan kalkulator "Pascaline" untuk operasi penjumlahan
c. 1670, Leibniz mengembangkan kalkulator otomatis pascal sehingga bisa melakukan operasi pembagian dan perkalian.
d. 1820, kalkulator mekanik "Arithometer" oleh Charles Xavier Thomas de comar yang mampu dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
e. 1822, penemuan mesin hitung "difference engine" oleh Charles Babbage yang merupakan cikal bakal komputer
e. 1888, Herman Hollerith menemukan sistem yaitu berlubang dan mesin tabulasi (punched card system)
5 generasi komputer dalam perkembangannya :
1. Komputer Generasi Pertama
(1946-1959)
* Ciri-ciri :
- Program dibuat dalam bahasa mesin
- Menggunakan konsep storage program
- Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara
- Ukuran fisiknya terlalu besar sehingga membutuhkan daya
listrik yang besar
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
*Ciri-ciri :
- Program yang digunakan dibuat dengan menggunakan bahasa
tingkat tinggi
seperti : Fortran, Cobol - Kapasitas memory utama cukup besar
- Komponen yang digunakan adalah transistor
- Menggunakan magnetic disk yang berbentuk removable disk
- Proses operasinya lebih cepat dan membutuhkan sedikit
daya listrik
3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
*Ciri-ciri :
- Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated
Circuit)
- Proses operasinya jauh lebih cepat dan tepat
- Ukuran fisiknya jauh lebih kecil sehingga listriknya
lebih hemat
- menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access
- dapat melakukan multi processing dan multi programming
- Keunggulan lain sudah dapat melakukan komunikasi data
ke komputer lain
4. Komputer Generasi Keempat (1970)
*Ciri-ciri :
- Mengalami dua perkembangan
penting :
- Penggunaan LSI (Large Scale Integration)
- Menggunakan micro processor dan chip komputer
5. Komputer Generasi Kelima
Keuntungan TIK :
- Mempermudah memperoleh informasi dan berkomunikasi
- Membuka peluang bisnis baru
- Mendorong timbulnya proses demokrasi
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik
dalam bidang pemerintahan
- Meningkatkan layanan informasi kesehatan
Kelemahan TIK :
- Mendorong munculnya kejahatan jenis baru (cyber crime)
kejahatan atau penipuan melalui dunia maya
- Memudahkan masuknya nilai-nilai budaya asing
- Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam
masyarakat
Mengenal Operasi Dasar Komputer
- Analis adalah orang yang merancang
dan mengatur sistem kerja, urutan kerja pengolahan data sampai output.
- Programmer adalah seseorang yang bertugas untuk
membuat/merancang program
- Operator adalah seseorang yang bekerja untuk
mengoperasikan sesuatu
Sistem Komputer :
a. Hardware (perangkat keras)
b. Software (perangkat lunak)
c. Brainware (user)
Bagian-bagian komputer yang berbahaya :
a. Monitor
intensitas cahaya yang
dipancarkan oleh monitor cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata. oleh
karena itu, monitor harus memiliki layar anti silau agar mata terhindar dari
kerusakan radiasi monitor.
b. CPU (Central Processing Unit)
tidak boleh bersentuhan dengan tangan
terutama tangan yang basah, karena aliran listrik nya menyentrum
c. Kabel Komputer
perangkat ini harus
terhindar dari air, karena dapat menyebabkan konsleting dan kebakaran.
d. Keyboard
hindarkan dari air,
karena dapat menyebabkan keyboard hang atau konsleting.
Dampak Negatif Komputer Terhadap Kesehatan
a. Gangguan pada mata dan kepala yang disebut dengan Computer
Vision Syndrome
b. Gangguan pada bagian lengan dan tangan. seperti Capai
Tumel Syndrome (terjepitnya saraf di bagian pergelangan tangan)
c. Gangguan pada leher, pundak dan punggung
d. Penyakit Repetitive Strain Injure (RSI) yaitu
penyakit radang sendi, akibat menggunakan mouse dan keyboar dalam posisi yang
salah
Pengaturan Perangkat Komputer :
- jarak antara mata dan monitor berkisar 50-60cm
- beristirahat 10 menit setelah 1 jam bekerja
Komputer adalah sekumpulan alat
elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data, mengelola data
(proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol
program yang tersimpan di memorinya.
Cara Kerja Komputer
Hardware adalah peralatan fisik
dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan.
terdiri dari :
a. Input Device (peralatan masukan)
contoh : keyboard, mouse, joice, microphone,scanner
contoh : keyboard, mouse, joice, microphone,scanner
b. Output device (peralatan keluaran)
contoh : monitor,
printer, speaker, plotter, infokus (l-cd projector)
c. Processor
terdiri atas 3 bagian
utama :
- Control Unit (CU) adalah komponen utama processor yang
bertugas untuk mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer,
mulai dari input sampai output.
- Aritmetical Logical Unit (ALU) adalah bagian dari
processor yang mempunyai tugas khusus untuk mengelola data aritmatika
(kabataku) serta data logika (perbandingan)
- Memory Unit (MU) berfungsi sebagai unit pendukung,
dimana perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor akan
disimpan sementara pada bagian ini.
CPU
pemprosesan data dilakukan oleh CPU. hasil dan pemprosesan
data akan disimpanan di memori penyimpanan.
Fungsi CPU adalah mengolah data setelah mendaoat perintah
dari user yang dibantu oleh peralatan input seperti mouse dan keyboard.
Komponen-komponen pada CPU :
a. Arithmatic Logic Unit (ALU)
terbagi menjadi 4
yaitu :
1. desimal arithmatic
2. Fixed Point Aritmatic digunakan untuk operasi
aritmatik dari dua binari dan untuk menyatakan alamat dari media penyimpanan.
3. Floating Point digunakan untuk operasi
aritmatika
4. Logic Operation dapat berupa operasi-operasi
perbandingan, testing, transleting, editing, moving logic data.
b. Storage
a. Internal Storage
- Main memory (penyimpanan utama) digunakan untuk
tempat menyimpan data dan program
- General register berfungsi untuk menyimpan hasil
perhitungan binari aritmatik
- Control register berfungsi untuk membantu control unit
dalam mengendalikan operasi dari komputer itu sendiri
- Buffer digunakan untuk menambah kecepatan di dalam
pemindahan data antara ALU dengan storage
- Read Only Memory (ROM) bagian dari main memory yang
hanya dapat membaca saja dan tidak dapat ditulis ulang dan programnya
sudah diisi oleh pabrik pembuat ROM tersebut.
- Read Access Memory (RAM) bagian dari main memory yang
dapat dibaca dan ditulis ulang, diaccess secara random.
Apabila listrik mati,
data yang ada pada RAM akan hilang
c. Control Unit
berfungsi untuk mengatur proses kerja komputer, baik proses
kerja di dalam CPU sendiri maupun di dalam hubungannya dengan input atau
output.
Fungsi CPU :
a. Memberi alamat data dan program
b. Memasukkan dan mengambil data
c. Memberikan instruksi-instruksi secara berurutan
d. Dapat sebagai penghubung antara main storage dan input, output
Tugas CPU :
a. Mengontrol kerja sistem
b. Sebagai otak komputer
c. Menentukan saat kapan pengiriman data terjadi
d. Melakukan operasi aritmatik dan logika
Software (Perangkat Lunak)
a. Sistem Operasi (Operating System)
# berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi
*Basis Teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, unix
*Basis Grafis (GUI: Graphic Unit Interface) : Microsoft windows, macintosh, linux
b. Alat bantu (utility)
# berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi
*File viewer : ACDSee, Adobe Reader
*System utility : program scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus,firewall, password generator)
c. Bahasa pemograman
# contoh :Fortran, Cobol, Basic, Pacal, C++
# digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, dll
d. Routine (user pogram)
e. Program aplikasi (aplikasi packages)
#contoh : BL, MTOB, payroll
# program yang khusus untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu
f. Program Paket
# contoh : microsoft office, adobe fotoshop, macromedia studio, open office
Aplication Packages
macam-macam sistem aplikasi adalah :
a. Aplikasi grafis
contoh : freehand, adobe ilustrator, photo editor, image processing/design
b. Pengolah Kata
contoh : lotus word pro, corel word perfect, staroffice witer, open office writer, microsoft word
c. Pengolah Angka
contoh :Kspreadm staroffice calc, Open Office calc, GNOME office, xess, lotus 123, microsoft excel
d. Software penerbitan (publisher)
contoh : microsoft publisher, adobe pagemaker, adobe in design, ventura publisher, quark x press
e. Software pengolah data
contoh : dBase, microsoft access, FoxPro, statistik
f. Aplikasi multimedia
contoh : Windows media player, iTunes, Realplayer
g. Aplikasi Internet
contoh : e-mail, messenger
Fungsi CPU :
a. Memberi alamat data dan program
b. Memasukkan dan mengambil data
c. Memberikan instruksi-instruksi secara berurutan
d. Dapat sebagai penghubung antara main storage dan input, output
Tugas CPU :
a. Mengontrol kerja sistem
b. Sebagai otak komputer
c. Menentukan saat kapan pengiriman data terjadi
d. Melakukan operasi aritmatik dan logika
Software (Perangkat Lunak)
a. Sistem Operasi (Operating System)
# berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi
*Basis Teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, unix
*Basis Grafis (GUI: Graphic Unit Interface) : Microsoft windows, macintosh, linux
b. Alat bantu (utility)
# berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi
*File viewer : ACDSee, Adobe Reader
*System utility : program scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus,firewall, password generator)
c. Bahasa pemograman
# contoh :Fortran, Cobol, Basic, Pacal, C++
# digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, dll
d. Routine (user pogram)
e. Program aplikasi (aplikasi packages)
#contoh : BL, MTOB, payroll
# program yang khusus untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu
f. Program Paket
# contoh : microsoft office, adobe fotoshop, macromedia studio, open office
Aplication Packages
macam-macam sistem aplikasi adalah :
a. Aplikasi grafis
contoh : freehand, adobe ilustrator, photo editor, image processing/design
b. Pengolah Kata
contoh : lotus word pro, corel word perfect, staroffice witer, open office writer, microsoft word
c. Pengolah Angka
contoh :Kspreadm staroffice calc, Open Office calc, GNOME office, xess, lotus 123, microsoft excel
d. Software penerbitan (publisher)
contoh : microsoft publisher, adobe pagemaker, adobe in design, ventura publisher, quark x press
e. Software pengolah data
contoh : dBase, microsoft access, FoxPro, statistik
f. Aplikasi multimedia
contoh : Windows media player, iTunes, Realplayer
g. Aplikasi Internet
contoh : e-mail, messenger
No comments:
Post a Comment